Rabu, 11 Januari 2012

Alerginya Dirga

Sekarang ini gw mau cerita soal alerginya Dirga.

Sejak dari dalem kandungan memang Dirga udah ada bakat alergi, terbukti dengan kolesterol gw yang tiba tiba meningkat parah sehabis wiskul seafood dibandar jakarta plus makan sop buntut besokannya. Padahal sebelumnya gw makan seafood sampe mabok jg ngga pernah. Jadi sejak umur kehamilan 7 bulan, gw udah stop seafood, telur, daging dsb dsb. Makannya apa dong? Yah protein sayuran yang ngga mencetus kolesterol deh.

Begitu lahiran, gw mulai coba lagi makan makanan seperti telur, seafood & daging. Hasilnya Dirga memang agak sdikit bruntusan dikulit, tapi gw ngga pernah mikir klo itu alergi, jadi gw terus bablasin makan makanan itu. Sampai akhirnya kulitnya merah merah, bahkan berair disela sela telinga, dan gw tau itu pasti ngga nyaman bgt. Dibawa kedokter K, dia minta gw diet yang extrim bgt, stop konsumsi telur, seafood, daging & produk turunan, kacang kacangan selama sebulan. Okey, 2 minggu stop konsumsi pencetusnya itu, gw cuman makan buah sayur nasi tempe, Dirga gw bawa kedokter lain, oleh dokter E gw hanya disuruh diet telur & seafood. Sampai batas waktu yang tidak ditentukan, selama gw masih nyusuin Dirga.

Berat pastinya yah, tapi gw jalanin terus, karna kasian banget yah liatnya bayi umur 2 bulan tersiksa banget tiap kali merah merah itu muncul. Cranky, garuk garuk. Gw tahan tahanin tiap liat seafood dsb dsb, demi yah demiiiii. Sampe kepikiran nyapih aja karna gwnya masih suka kecolongan, misalnya, beli sayur asem diwarteg pakenya penyedap rasa udang, beli gorengan diwarung ngga taunya terigunya dicampur telur. Tapi ngga teganya masih lebih gede klo nyapih sih, jadi masih gw tahan tahanin diet.

Setelah MPASI, harusnya Dirga jadi lebih tahan sama pencetusnya, jadi gw mulai konsumsi ikan yang bukan seafood. Tapi ternyata masih juga ngga tahan, jadi gw stop sama skali konsumsi ikan, mau ikan air tawar, ikan air asin, smua gw stop. Tapi seiring dengan taun baru ini, ternyata kok Dirga seneng bgt klo ngemil krupuk udang, dan setelah makan krupuk udang itu juga ngga sampe merah merah hanya kulitnya kasar. Gw memutuskan untuk mengkonsumsi pantangan itu sedikit demi sedikit.

Total lama gw diet 8 bulan, dan skarang gw udah mulai makan seafood seafood-an. Klo telur belom berani sama sekali, ikhlas aja sih ngga makan telur, hehe. Tapi gw belum brani untuk ngasih seafood untuk MPASInya Dirga. Smoga sih alerginya hilang total diumur 1 taun nanti, karna kenikmatan dunia itu adanya di seafood, kasian klo ngga bisa makan itu :D

Tidak ada komentar:

Happy birthday Ezra!

Lilypie Fourth Birthday tickers

Happy Birthday Dirga!

Lilypie Second Birthday tickers

Our Stories

Daisypath Anniversary tickers